April 15, 2024

Okapimediaplus.com

Seputar Info Terbaru

Menyusuri Jejak Sejarah: 7 Wisata Bersejarah di Surabaya

Kota Surabaya dengan segala warisan sejarah dan kebudayaannya menghadirkan banyak cerita yang berharga. Di masa lalu, kota ini menjadi saksi perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan, serta menawarkan berbagai bangunan bersejarah, termasuk bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda.

Anda dapat memesan tiket bus sinar jaya harga terbaik untuk liburan seru bersama keluarga ke Surabaya. Lalu, apa saja tempat wisata bersejarah yang perlu dikunjungi saat berkunjung ke Surabaya? Simak tujuh rekomendasi tempat wisata yang harus Anda sambangi saat mengunjungi kota pahlawan ini.

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Bersejarah dan Ikonik di Surabaya

Berikut adalah beberapa tempat wisata bersejarah yang wajib Anda kunjungi jika berlibur ke Surabaya:

1.                  Tugu Pahlawan

Tempat wisata sejarah yang pertama dan cukup ikonik adalah Tugu Pahlawan. Tugu ini merupakan lambang kota Surabaya yang mengingatkan pada semangat perjuangan rakyat Surabaya pada 10 November 1945. Monumen megah ini berada dekat Kantor Gubernur Jawa Timur dan Anda dapat mengunjunginya setiap hari.

2.                  Museum House Of Sampoerna

Ada juga museum House of Sampoerna, bekas pabrik rokok tertua di Surabaya yang Berdiri sejak 1862. Bangunan kolonial Belanda ini menjadi objek wisata sejarah yang megah. Dengan empat pilar menyerupai batangan rokok, museum ini menawarkan pengalaman unik dengan desain bangunannya yang klasik.

3.                  Sanggar Agung Temple

Sanggar Agung Temple adalah simbol keberagaman etnis di Surabaya. Terletak di Jalan Sukolilo, Pantai Ria Kenjeran. Patung Kwan Im setinggi 20 meter menghiasi tepian laut. Pengunjung menikmati klenteng yang unik dan pemandangan pantai. Disekitarnya terdapat hutan bakau sebagai habitat burung, kepiting, dan ikan gelodok.

4.                  Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam Surabaya ini merupakan salah satu tempat wisata unik untuk berfoto di Jalan Pemuda Genteng. Menampilkan kendaraan militer perang dan KRI Pasopati 410 terlibat dalam Operasi Trikora. dan mengingatkan pada pertempuran di Laut Aru. Biaya tiket masuknya Rp15.000.

5.                  Jembatan Merah

Tentunya, Anda tahu lagu Jembatan merah yang legendaris bukan? Ternyata, jembatan ini ada di Surabaya dan menjadi saksi bisu tewasnya pemimpin sekutu yaitu Jenderal AWS Mallaby. Jembatan ini didirikan pada 1908 dan menghubungkan banyak situs yang ada di Kota Surabaya.

6.                  Gedung Internatio

Gedung Internatio ini dibangun pada 1860 dan terletak tak jauh dari jembatan merah. Di tempat ini juga asal mula pertempuran 10 November 1945, karena tindakan sekutu yang amat menyinggung rakyat Surabaya sehingga berujung pada perundingan dan disepakati dibentuknya kontak biro.

7.                  Penjara Kalisosok

Bangunan ini merupakan tempat bekas penjara para tokoh golongan tua para pemimpin bangsa ini. Di masa kini bangunan ini tidak digunakan sebagai penjara, namun dijadikan sebagai cagar budaya kota Surabaya yang wajib Anda kunjungi saat ke kota pahlawan ini.

Demikian informasi mengenai tempat wisata bersejarah di Surabaya yang wajib Anda kunjungi. Jika Anda tiket travel Jogja-Surabaya harga terbaik maka Pegipegi adalah solusinya. Rute dan jam pemberangkatannya pun beragam, dan dapat dipesan langsung melalui aplikasi Pegipegi. Jadi, tunggu apalagi? Yuk liburan!