November 27, 2021

Okapimediaplus.com

Seputar Info Terbaru

Ketahui Penyebab Batuk Pilek Anak dan Cara Mudah Mengatasinya

Terjadinya pergantian musim biasanya membawa hawa yang tidak baik untuk kesehatan, utamanya anak-anak. Pada saat ini anak-anak akan lebih rentan sakit seperti batuk pilek anak. Meskipun tergolong bukan penyakit berbahaya, keduanya kerap membuat orang tua bingung. Apalagi jika diikuti nafsu anak menghilang. Anak-anak akan lebih rewel.

Batuk pilek yang terjadi pada anak-anak tidak hanya disebabkan perubahan musim saja. Banyak hal yang menjadi faktor pemicunya. Cara mengobatinya pun tidak boleh sembarangan. Walaupun di toko banyak tersedia obat batuk, orang tua harus pintar memilih. Untuk lebih memahaminya bisa cek ulasannya di bawah ini;

  • Penyebab Batuk Pilek Anak

Batuk pilek yang terjadi pada anak pada dasarnya disebabkan oleh alergi atau infeksi. Misalnya karena alergi pada suatu makanan, seorang anak bisa langsung batuk dan pilek setelah mengonsumsinya.

Gejala yang nampak pada anak saat sedang batuk pilek antara lain bersin, batuk, hidung tersumbat dan meler. Kadang-kadang juga disertai dengan demam. Gejala batuk pilek ini biasana berjalan antara 3-7 hari. Jika melebihi jangka waktu itu sebagai orang tua harus waspada dan memberikan tindakan kesehatan.

  • Cara Mengatasi Batuk Pilek

Cara mengatasi batuk pilek anak bisa orang tua lakukan di rumah dengan hal yang sederhana, misalnya saja;

  • Memperbanyak air minum hangat. Mengalami batuk dan pilek rawan membuat anak mengalami dehidrasi. Agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya orang tua memperbanyak minum air putih. Utamanya air hangat agar batuknya cepat hilang dan melegakan sakit tenggorokan.
  • Perbanyak isirahat. Anak yang mengalami batuk pilek serta dibarengi dengan gejala demam biasanya akan lebih cepat malas dan lesu. Solusinya adalah memperbanyak istirahat agar imun dalam tubuh kuat melawan bakteri dan virus yang menjadi sebab batuk pilek.
  • Menggunakan uap air. Hidung tersumbat adalah gejala yang paling sering terlihat saat mengalami batuk pilek. Kondisi yang demikian akan membuat anak kesulitan bernafas dan sesak. Untuk mengatasinya, lakukan hal sederhana seperti membuat uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak aroma terapi.
  • Mengkonsumsi sup ayam. Memperbanyak asupan makanan juga dapat mempercepat pemulihan dari batuk dan pilek. Makanan yang dianjurkan adalah sup ayam karena kandungan rempahnya yang banyak. Sup ayam juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.

Batuk pilek anak yang terjadi tidak bisa dianggap sepele. Kebersihan lingkungan dan badan menjadi hal penting yang harus diperhatikan agar tidak mudah terserang penyakit ini.