October 20, 2021

Okapimediaplus.com

Seputar Info Terbaru

Inilah 8 Tips Mendapatkan Dana dengan Crowdfunding!

Pernah mendengar bahwa kuatnya tekad dalam merintis usaha dapat mengalahkan hambatan apa pun yang mengadang? Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya perusahaan besar yang dulunya belum dikenal banyak orang dan pernah mengalami berbagai kesulitan. Tak sedikit dari mereka yang awalnya kekurangan dana, bahkan hingga menjual aset berharga, atau justru bangkrut di tengah jalan. Akhirnya, mereka memutuskan untuk bekerja sama dengan para investor untuk mengumpulkan dana dan berhasil menggapai kesuksesan. Dalam artikel ini, Sobat Pintar akan memahami lebih dalam tentang tips mendapatkan dana dengan crowdfunding.

Apa itu crowdfunding? Crowdfunding adalah peluang investasi yang dapat memudahkan pebisnis maupun individu untuk mengumpulkan dana. Dalam hal ini, dana diperoleh dari para investor yang tertarik dengan proyek yang akan atau sedang dijalani oleh pebisnis maupun individu. Investor yang siap menyumbangkan uangnya ini memiliki tujuan yang berbeda. Ada yang mengharapkan timbal balik dalam bentuk keuntungan, ada pula yang memang ingin memberikan donasi seutuhnya. Meskipun begitu, pihak yang menerima dana tersebut tentunya harus mampu mengapresiasi para investor yang telah membantu mereka.

Siapa pun dapat menjadi investor di platform crowdfunding yang tersedia. Karena jika ditelaah dari makna leksikalnya, kata ‘crowd’ sendiri berarti ramai, yaitu para investor yang berjumlah banyak, sedangkan kata ‘funding’ berarti pendanaan yang terkumpul. Maka, bisa disimpulkan bahwa peluang ini memungkinkan keuntungan pendanaan yang cukup besar bagi penerimanya. Kendala dana baik dalam usaha pebisnis maupun masalah keuangan individu dapat teratasi dengan cepat. Namun, bagaimanakah cara memulainya? 

Tips Mendapatkan Dana dengan Crowdfunding

Sebelum mulai terjun ke dunia investasi dalam bidang ini, Sobat Pintar perlu memperhatikan langkah-langkah penting agar tidak tersesat di tengah jalan. Karena pebisnis maupun individu yang menerima bantuan dana dari investor adalah otak dari jalannya suatu proyek. Agar proyek tersebut berjalan sesuai rencana, persiapan yang matang dapat dilakukan melalui tips mendapatkan dana dengan crowdfunding sebagai berikut:

  1. Lakukan Riset dan Perbandingan

Merupakan hal yang mendasari berjalannya suatu proyek baik dalam berbisnis maupun dalam melakukan kegiatan sosial menggunakan crowdfunding. Pelajari contoh proyek yang sudah berhasil menjangkau keuntungan dengan dana yang sesuai atau bahkan melebihi target. Selain menjadi motivasi, cara ini juga dapat memudahkan Sobat Pintar dalam membuat strategi yang benar serta berpikir lebih kritis.

  1. Perhatikan Jumlah Minimum

Meskipun begitu, Sobat Pintar perlu melihat situasi secara realistis. Jika baru memulai suatu usaha atau kegiatan sosial, lebih baik perhatikan jumlah minimum yang biasa dijadikan patokan bagi para investor. Karena jika mematok jumlah dana yang terlalu tinggi atau bahkan tidak realistis, dikhawatirkan para investor menjadi tidak tertarik dengan proyek yang ditawarkan. Alhasil, dana pun tidak terkumpul dan waktu terbuang percuma.

  1. Sesuaikan Keperluan Dana dengan Target

Setelah menentukan jumlah minimum, pastikan juga target awal setidaknya tetap tercapai. Cara ini dapat dilakukan secara bertahap dengan terus mempromosikan proyek dan meyakinkan para investor terkait target dan manfaat yang akan dihasilkan. Maka, investor akan lebih yakin karena dana yang diminta sesuai dengan target yang telah dibuat. Dengan berperilaku jujur seperti ini, investor juga bisa saja tergerak hatinya untuk menyumbangkan dana lebih pada Sobat Pintar.

  1. Buat Gagasan Terperinci

Investor takkan serta-merta menyumbangkan uangnya jika proyek yang ditawarkan masih tidak jelas tujuannya. Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan detail secara terperinci mulai dari alasan mengapa usaha atau kegiatan sosial dilakukan, target sasaran, keuntungan, serta resiko yang akan dihadapi. Jangan lupa untuk memberikan solusi terhadap resiko yang kemungkinan terjadi.

  1. Tetap Menjaga Kerahasiaan Data

Gagasan memang dijelaskan secara gamblang, namun Sobat Pintar perlu memfilter mana bagian yang perlu dijaga kerahasiaannya dan mana yang tidak. Meskipun aman, berinvestasi dan mengumpulkan dana melalui crowdfunding memiliki resiko yang cukup besar dalam pencurian data. Karena para investor merupakan pihak eksternal dan bukan bagian inti dari proyek yang didirikan.

  1. Gunakan Waktu secara Maksimal

Pengumpulan dana dalam sistem equity crowdfunding Indonesia website itu sangat terbatas. Maka dari itu, Sobat Pintar perlu menggunakan strategi khusus dan rencana terarah agar perkembangan dapat terlihat secara signifikan. Bila sedikit saja Sobat Pintar melewati waktu pitch-nya, kemungkinan dana tidak dapat diperoleh dan justru berpindah tangan. Dalam hal ini, istilah waktu adalah uang itu memang benar adanya.

  1. Berikan Apresiasi pada Investor

Apabila Sobat Pintar telah berhasil mengumpulkan dana yang diinginkan, jangan langsung menghilang. Ucapan terima kasih atau hadiah kecil di awal dapat membuat mereka merasa dihargai. Terlebih untuk investor pertama yang mendukung proyek Sobat Pintar. Pemberian apresiasi berupa hasil seperti saham (ekuitas) dan penghargaan atau hadiah juga sangatlah berarti. Laporan terkait suksesnya proyek kegiatan sosial atau amal juga dapat menjadi bentuk apresiasi bagi mereka.

  1. Siapkan Dana Cadangan 

Gunakan akun bank khusus dalam proses pengumpulan dana crowdfunding. Hal ini mampu meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penggunaan dana yang berdampak pada hasil proyek. Sobat Pintar juga perlu menyiapkan dana cadangan guna kelancaran proyek apabila sempat mengalami kegagalan. Sehingga reputasi proyek di mata para investor tetap baik karena proyek terus berjalan sesuai target.