December 5, 2022

Okapimediaplus.com

Seputar Info Terbaru

Foto Studio Di Rumah Sendiri? Bisa Kok, Begini Caranya

Foto studio sangat ramai terutama pada momen-momen tertentu seperti kelulusan, acar keluarga, reuni dan lain-lain. Biasanya kita akan menyewa studio foto untuk melakukan hal tersebut. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat foto studio di rumah sendiri. Ada beberapa hal dan peralatan yang harus di siapkan apabila kamu ingin membuat studio foto sendiri, peralatan tersebut antara lain:

  1. Ruangan Kosong

Ruangan kosong nantinya dapat digunakan sebagai studio dan ditambahkan berbagai macam aksesoris pendukung seperti spc vinyl yang membuat lantai terlihat lebih bagus. Selain itu, pastikan ruangan tersebut memiliki akses masuk cahaya yang cukup. Sebisa mungkin ruangan tersebut memiliki warna putih karena akan lebih cocok untuk dijadikan latar belakang

Jika warnanya tidak putih, letakkan latar belakang khusus untuk pengomposisian foto. Dapat digunakan pada tiang atau dudukan dinding. Anda juga dapat menambahkan dekorasi dan aksesori yang sesuai dengan subjek di foto Anda.

2 Siapkan Lampu Dengan Penerangan Yang Cukup

Penting juga untuk memiliki lampu agar produk terlihat jelas, meskipun ada penerangan yang cukup. Selain itu, pencahayaan dapat  memberikan gambar yang unik pada foto Anda. Bahkan jika komputer Anda menggunakan aplikasi manajemen gambar tingkat lanjut, hasilnya  akan berbeda jika lampu mendukungnya.

Kamu juga bisa menggunakan Softbox karena alat tersebutmemiliki kemampuan untuk melembutkan cahaya, sehingga bayangan yang dihasilkan tentu tidak terlalu kuat. Sudut, tinggi, dan jarak lampu utama dari model penting dalam menentukan hasil yang diinginkan. Anda kemudian dapat menempatkan lampu rambut sebagai sumber cahaya kedua di belakang subjek atau model dengan perangkat moncong terpasang.

  1. Gunakan peralatan fotografi sesuai kebutuhan.

Semakin baik dan lengkap peralatan yang kamu miliki, maka secara otomatis foto yang dihasilkan akan lebih bagus. Namun, jangan terburu-buru untuk membeli peralatan yang mahal. Kamu bisa mulai untuk membeli kamera yang pas di saku Anda sekarang. Tidak masalah jika penyimpanan memori Anda kecil, selama dapat untuk memindahkan file ke komputer atau laptop Anda. Kemudian siapkan tripod atau dudukan kamera.

  1. Lengkapi alat pendukung lainnya

Selain alat di atas, direkomendasikan untuk memiliki reflektor daripada reflektor cahaya yang baik. Reflektor pada dasarnya berfungsi untuk memantulkan cahaya dari cahaya utama ke sisi  subjek yang dibayangi. Hal ini untuk mencegah bayangan pada wajah model menjadi terlalu gelap. Tentu saja, ekspresi wajah dan wajah seseorang adalah salah satu faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan, terutama untuk foto model itu sendiri. Di sinilah peran reflektor sangat penting. Anda juga membutuhkan printer gambar bagi yang masih menggunakan cara lama,  apalagi jika ini sudah termasuk dalam permintaan pelanggan.

4 tersebut merupakan beberapa peralatan dan kondisi inti yang mana apabila kamu memiliki ke 4 hal tersebut maka foto studio di rumah kamu sendiri bisa dipakai dan dapat menghasilkan hasil foto yang baik. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris untuk memperindah ruangan seperti lukisan atau bunga-bungaan yang bisa kamu dapatkan di toko bunga Jakarta.