November 29, 2022

Okapimediaplus.com

Seputar Info Terbaru

Desain Mezzanine Rumah Yang Memanfaatkan Atap Tinggi

Desain mezzanine rumah adalah tambahan balkon di dalam ruangan yang berada di antara lantai bawah dan plafon, Luasnya sepertiga dari luas ruangan, tidak setinggi lantai dua dan mungkin Anda perlu sedikit menunduk kalau ternyata platform tidak terlalu tinggi. Ruangan yang awalnya dipakai sebagai gudang ini kini disulap jadi ruang serbaguna dan bahkan jadi kamar tidur.

Bagaimana Cara Membuat Desain Mezzanine Rumah Yang Optimal

Lantai mezzanine adalah konstruksi bangunan semi permanen atau permanen yang bisa dibuat dengan memakai pilihan material seperti kayu, besi, baja ringan dan beton. Anda dapat memakai beton readymix dan membuat pondasi yang kokoh. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam membuat desain mezzanine rumah yang kuat.

  • Luas Yang Tepat

Memiliki mezzanine adalah tambahan untuk rumah. Tapi, sebelum memutuskan untuk membuatnya, pertimbangkan apakah rumah Anda memiliki luas yang tepat. Anda memerlukan tangga untuk naik keatas, selain itu luas mezzanine juga harus cukup besar untuk dibangun.

Kalau ruangan yang tersedia terlalu sempit, maka menambah mezzanine hanya akan membuatnya terlalu sesak. Oleh karena itu, hitung semuanya sebelum mulai menerapkan desain apapun. Dengan demikian, Anda dapat membuat mezzanine yang jadi fitur tambahan yang fungsional tanpa membuat desain awal rumah jadi sempit.

  • Desain Mezzanine

Mezzanine dapat dibuat dengan beberapa pilihan. Anda dapat menyesuaikan bentuknya berdasarkan luas ruangan dan juga kebutuhan. Beberapa diantaranya termasuk.

  • desain terbuka : Anda bisa membuat mezzanine dekat ruang utama yang terbuka. Akses jadi lebih mudah dan tidak membuat ruangan jadi penuh.
  • Dinding kaca : Anda bisa membuat tambahan balkon dengan kaca dan tirai. Dengan demikian, Anda bisa menutup tirai bila ingin mendapatkan privasi. Interior tetap terlihat lega dengan penempatan partisi kaca tapi pada waktu yang sama, ada pilihan bila ingin memiliki privasi.
  • Mezzanine Jembatan : Anda dapat menghubungkan ruangan satu dengan ruangan lainnya dengan mezzanine. Ini adalah konsep jembatan yang kerap dipakai kantor. Tapi, rumah juga bisa mengaplikasikannya. Sebaiknya rumah berukuran luas dengan platform tinggi untuk bisa menerapkannya secara maksimal.
  • Sudut Ruangan : kalau ingin mezzanine yang lebih luas, manfaatkan bagian sudut ruangan yang umumnya lebih besar dan memaksimalkannya jadi kamar tidur atau ruang baca.
  • Mezzanine dalam kamar : Kamar tidur yang tinggi dapat membuatnya jadi walk-in closet. Bisa juga jadi tempat tidur kedua. Kamar jadi bisa dipakai berdua.
  • Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Anda harus memperhatikan kalau ruangan bawah tetap memiliki penerangan cukup walau ada tambahan mezzanine. Selain itu, lantai mezzanine pada umumnya tidak ada jendela, pertimbangkan apakah Anda perlu menambahkannya atau tidak untuk memberikan akses sirkulasi udara dan juga penerangan alami.

Instalasi lampu juga perlu dipikirkan. Karena mezzanine lebih dekat dengan platform, pastikan lampu cukup memberikan penerangan. Tapi pada waktu yang sama, tidak terlalu terang dan membuat mata tidak nyaman.

  • Material

Pilihan material bangunan sangat menentukan konstruksi keseluruhan mezzanine. Bahan kayu perlu penopang besi atau baja. Sedangkan material beton memberikan kekuatan yang lebih. Pilihan material lantai menentukan pilihan konstruksi bangunan lainnya.

  • Pilihan Tangga

Mezzanine memerlukan tangga. Anda perlu memikirkan bentuk, material dan juga desain tangga. Luas ruangan juga menentukan pilihan tangganya. Anda bisa memilih tangga yang memutar, menempel pada dinding dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perlukan untuk desain mezzanine rumah yang baik. Anda dapat ruang tambahan dan rumah yang lega dengan persiapan desain optimal. Pakai lantai mezzanine beton yang kokoh dengan struktur kokoh. Kunjungi situs resmi SCG dan memakai berbagai material berkualitasnya untuk membangun mezzanine atau struktur bangunan lainnya.